Sabtu, 10 Maret 2012

Struktur Pasar 1


PASAR MONOPOLI

Konsep Dasar

            Pasar monopoli atau tepatnya pasar monopoli murni merupakan suatu keadaan pasar dimana hanya ada satu penjual dan produk yang diperdagangkan tidak ada pengganti (subsitusi) nya yang mirip.
            Sudah barang tentu hanya akan ada satu penjual  atau perusahaan tunggal dipasar apabila terdapat hambatan terhadap perusahaan lain masuk ke pasar. Hambatan-hambatan terhadap perusahaan lain memasuki pasar (barriers to entry) dapat dikelompokan menjadi dua, yakni hambatan teknis (technical barries to entry) dan hambatan legalitas (legal barries to entry).
            Sebagai perusahaan tunggal di pasar, tentunya permintaan akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut (firm’s demand) sekaligus merupakan permintaan pasar  (market demand). Keadaan ini jelas berbeda dengan yang terdapat  pada pasar persaingan sempurna, perusahaan tidak dapat menentukan harga sehingga permintaan akan produk dari suatu perusahaan (firm’s demand) bukan merupakan permintaan pasar. Sedangakan pada pasar monopoli perusahaan yang menetapkan harga (price marker) sehingga harga perusahaan juga merupakan harga pasar dan firm’s demand juga merupakan permintaan pasar. Dalam kaitan ini perusahaan dapat menaikan harga dengan cara mengurangi kuantitas output yang dijual (ditawarkan) atau menurunkan harga dengan cara menambah kuantitas output yang ditawarkan.




referensi : Rum Alim, Mochamad. 2011. Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta.

Tidak ada komentar: