PASAR MONOPOLI
Konsep
Dasar
Pasar
monopoli atau tepatnya pasar monopoli murni merupakan suatu keadaan pasar dimana
hanya ada satu penjual dan produk yang diperdagangkan tidak ada pengganti (subsitusi) nya yang mirip.
Sudah
barang tentu hanya akan ada satu penjual
atau perusahaan tunggal dipasar apabila terdapat hambatan terhadap
perusahaan lain masuk ke pasar. Hambatan-hambatan terhadap perusahaan lain
memasuki pasar (barriers to entry)
dapat dikelompokan menjadi dua, yakni hambatan teknis (technical barries to entry) dan hambatan legalitas (legal barries to entry).
Sebagai
perusahaan tunggal di pasar, tentunya permintaan akan produk yang dihasilkan
oleh perusahaan tersebut (firm’s demand)
sekaligus merupakan permintaan pasar (market demand). Keadaan ini jelas
berbeda dengan yang terdapat pada pasar
persaingan sempurna, perusahaan tidak dapat menentukan harga sehingga
permintaan akan produk dari suatu perusahaan (firm’s demand) bukan merupakan permintaan pasar. Sedangakan pada
pasar monopoli perusahaan yang menetapkan harga (price marker) sehingga harga perusahaan juga merupakan harga pasar
dan firm’s demand juga merupakan permintaan pasar. Dalam kaitan ini perusahaan
dapat menaikan harga dengan cara mengurangi kuantitas output yang dijual
(ditawarkan) atau menurunkan harga dengan cara menambah kuantitas output yang
ditawarkan.
referensi : Rum Alim, Mochamad. 2011. Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta.
referensi : Rum Alim, Mochamad. 2011. Dasar-dasar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar