Minggu, 20 November 2011

Apa Itu Unix ?


Apa itu UNIX?
Dengan definisi yang paling sederhana, UNIX adalah sistem operasi komputer - software dasar yang mengendalikan sistem komputer dan peripheral nya. Dalam hal ini, UNIX berperilaku dalam cara yang sama bahwa mungkin lebih akrab PC sistem operasi Windows atau MacOS berperilaku. Ini menyediakan mekanisme dasar untuk booting komputer, log in, menjalankan aplikasi, menyimpan dan mengambil file, dll. Lebih specificially, kata "UNIX" mengacu pada keluarga sistem operasi yang berhubungan dengan satu atau kedua sistem operasi UNIX asli - BSD dan SystemV. Contoh sistem operasi UNIX modern meliputi IRIX (dari SGI), Solaris (dari Sun), Tru64 (dari Compaq) dan Linux (dari komunitas Perangkat Lunak Bebas). Walaupun berbeda "rasa" dari UNIX memiliki karakteristik yang unik dan berasal dari sumber yang berbeda, mereka semua bekerja sama dalam beberapa cara fundamental. Jika anda mendapatkan keakraban dengan salah satu dari sistem operasi berbasis UNIX, Anda juga akan mendapatkan setidaknya beberapa keakraban dengan hampir setiap varian UNIX lainnya.

UNIX fundamental
UNIX telah sekitar untuk waktu yang lama (lebih dari 30 tahun). Hal ini mendahului konsep dari komputer pribadi. Dengan demikian, ia dirancang dari bawah ke atas untuk menjadi pengguna multi, bersama, lingkungan operasi jaringan. UNIX memiliki konsep-konsep seperti Users, Groups, Perizinan dan Jaringan-Shared Resources (seperti file, printer, sistem komputer lain, dll) built-in ke inti desain. Hal ini membuat sistem operasi UNIX unik powerful dan fleksibel. Seiring dengan kekuatan dan fleksibilitas datang beberapa konsep unik yang membuat UNIX apa itu. Konsep-konsep ini relatif sederhana dan harus dipahami untuk mengambil keuntungan penuh dari sistem operasi.

  • Pengguna - Dalam rangka untuk menggunakan sistem UNIX, pertama Anda harus log in ini membutuhkan sebuah akun, yang terdiri dari:
    • Username:
      Ini adalah nama login Anda dan bagaimana Anda diidentifikasi untuk sistem itu sendiri dan ke pengguna lain dari sistem.
    • Password:
      Seiring dengan username Anda, password Anda memberi Anda akses ke sistem. Jangan lupa atau kehilangan password. Jika Anda menulis password Anda ke bawah, simpan di tempat yang aman.
    • Defaultgrup:
      Kelompok default yang username milik Anda (lihat Grup di bawah).
    • Kontak info:
      Sehingga sistem administrator dan pengguna lain dapat menghubungi Anda jika perlu.
    • Home direktori:
      Sebuah direktori atau "folder" ditugaskan ke nama pengguna Anda. Hal ini memberikan Anda akses ke penyimpanan disk. Ini adalah di mana Anda akan menyimpan file dan data.
    • Default shell:
      Program yang mengelola login Anda dan sesi baris perintah (dibahas secara rinci nanti)
  • Groups - Sebuah kelompok UNIX adalah kumpulan pengguna - yaitu daftar nama pengguna. Grup memberikan mekanisme untuk memberikan izin (lihat di bawah) ke daftar pengguna sekaligus. Untuk tujuan kita, asosiasi kelompok biasanya didasarkan pada penelitian yang kelompok atau bidang studi pengguna berafiliasi dengan. Setiap user dapat dikelompokkan pada lebih dari satu kelompok.
  • Perizinan - Segala sesuatu di UNIX adalah "dimiliki" oleh pengguna dan kelompok. Contoh sederhana ini akan menjadi file (tapi konsep ini tidak terbatas hanya untuk file). Dengan memanipulasi hak akses, user yang memiliki file dapat menentukan pengguna lain dan kelompok dapat membaca atau memodifikasi file tersebut. Dengan cara ini, pengguna dapat mengamankan file sensitif dari mencongkel mata dan menjaga diri atau orang lain dari accidentially menghapus data penting.
  • Shared Resources - UNIX adalah lingkungan operasi jaringan pada intinya. Dengan demikian segala sesuatu, hampir bahwa seseorang dapat mengakses pada sistem lokal juga dapat diakses melalui jaringan dari sistem remote. Ini mencakup, antara kemungkinan lain, file mengedit dan berbagi, menjalankan perangkat lunak, atau menggunakan printer. Bahkan isi menampilkan sistem UNIX dapat dimanipulasi dari jarak jauh.
Tindakan yang pengguna individu dapat melakukan remote didefinisikan oleh hak akses yang ditetapkan kepada pengguna (atau setiap kelompok yang dimiliki pengguna) untuk masing-masing kegiatan. Beberapa hal-hal ini akan dibahas secara lebih rinci nanti. 

http://rani_push.staff.gunadarma.ac.id/.../SISTEM+OPERASI++U+N+I+X.pdf

2 komentar:

real teknologi mengatakan...

bagus nih...
izin share yah...

jgn lupa maen ke blog q ^_^

refly mengatakan...

min, gimana cara saya untuk mendapatkan unix.?