Minggu, 20 November 2011

Peranan Teknologi Informasi di Bidang Kepolisian


Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktifitas. Contoh yang umum adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk membuat SIM (surat izin mengemudi). Dengan menggunakan teknologi informasi, yang melibatkan komputer, kamera digital, perekam sidik jari, dan pencetak kartu SIM, dimungkinkan untuk membuat SIM hanya dalam waktu singkat.
Face Recognition
Teknologi kompresi gambar memungkinkan sidik jari dapat disimpan secara elektronis dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak terlalu menyita ruang dalam media penyimpanan, sedangkan teknologi pencocokan pola (pattern recognition) digunakan untuk memudahkan pencarian sidik jari yang tersimpan dalam basis data.
Teknologi pengenalan wajah (face recognition) dapat digunakan untuk mengenali wajah-wajah para pelaku tindak kriminal yang telah tersimpan dalam basis data di dasarkan oleh suatu sketsa wajah atau foto.
Kegunaanya di bidang kepolisian antara lain:
·         Program komputer yang canggih yang telah dikembangkan adalah crime Analisa support system yang  dapat mengidentifikasi daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas.
·         System yang lainnya yang digunakan dalam bidang kriminalitas adalah Promis ( Prosecutor-offender management information system ) yang dikembangkan Institut of Lawa and Social Research di Washinghton, yang dapat memberikan informasi mengenai masalah kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan informasi bukti-bukti tertuduh untuk dibawa ke pengadilan .
·         Catch ( Computer Assisted Terminal Criminal Hunt ) digunakan di kota NewYork yang menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan akan ditampilkan di layer komputer  Motion ( Metropolitan Orlean Total Information Online Network ) yang digunakan untuk              informasi sekitar 150.000 orang yang mempunyai latar belakang kriminalitas,meliputi sidik jari,nama samaran dan data mendetail lainnya.
·         Arjis ( Automated Regional Justice Informatio system ) yang di gunakan di San Diego untuk menyediakan informasi mengenai sidik jari dan tingkah lakudari pada pelaku kriminalitas.

URL : http://teknik-informatika.com/teknologi-informasi-bidang-kepolisian/

Tidak ada komentar: