Sabtu, 21 Juni 2014

Manfaat Susu Kedelai

Sudah banyak orang menikmati kelezatan susu kedelai, tidak kalah enak dengan susu sapi sekaligus memberi efek yang mengagumkan untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat susu kedelai dibawah ini yang perlu kita semua ketahui untuk kesehatan tubuh kita dengan minum susu alami ini membantu kesehtan selalu terjaga.



1. Menurunkan Kolesterol
Berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak jenuh, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan non kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggak dan tak jenuh ganda dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa asupan kedelai yang rutin secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Menurunkan Berat Badan
Secangkir susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula, sedangkan susu kedelai hanya 7 gram. Inilah mengapa jumlah kalori satu cangkir susu kedelai jauh lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai mampu menghambat penyerapan lemak di usus. Selain itu, minum susu kedelai akan memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Mencegah Kanker Prostat
Susu kedelai kaya akan phytoestrogen, hormon tanaman yang dapat menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah membuktikan bahwa pria yang sering mengonsumsi kedelai secara rutin lebih kecil mengalami kanker prostat.

4. Sumber Protein
Susu kedelai merupakan sumber protein yang jumlahnya hampir sama dengan susu sapi. Susu kedelai juga mengandung protein nabati yang dapat mencegah kerapuhan tulang belakang alias osteoprosis. Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai setiap hari tanpa perlu khawatir ancaman osteoporosis.

5. Susu Kedelai Baik Untuk Jantung
Susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung karena jumlah lemak jenuh pada susu kedelai sangatlah sedikit. Lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol “buruk” (LDL) serta bisa meningkatkan risiko jantung. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. selain itu, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, sehingga aman bagi anda yang takut gemuk.

6. Mencegah Diabetes Melitus
Diabetes Melitus muncul karena tubuh kekurangan Insulin; yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Susu kedelai yang mengandung Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin. Selain itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima organ ginjal dibandingkan dengan protein hewani. Karena itu Susu Kedelai baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes Melitus.

7. Minuman Anti Kanker
Apakah anda pernah mendengar atau melihat iklan susu yang mampu mencegah kanker? Susu tersebut adalah Soymilk alias Susu Kedelai. Karena Susu Kedelai merupakan salah satu minuman kesehatan sumber mineral, selenium, Vitamin E, Isoflavon, dan Asam Amino Triptopan. Untuk mengatasi paparan radikal bebas pemicu, kanker diperlukan zat atau senyawa yang berfungsi sebagai anti-oksidan . Selain Selenium, anti-oksidan pada Susu Kedelai adalah Vitamin E danGenistein, yang secara sinergis mampu menghalau kanker.

8. Mencegah sindorm post-menopause
Ketika memasuki masa menopause, produksi hormon estrogen pada wanita menurun drastis yang menjadi penyebab banyak bermunculannya gangguan kesehatan di masa tua. Wanita di usia menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit liver, diabetes, dan obesitas.
Usia menopause juga menyebabkan wanita mengalami depresi, perubahan mood yang tiba-tiba, insomnia, dan beberapa gangguan psikologis lainnya.
Beruntung susu kedelai memiliki manfaat sebagai pengganti hormon estrogen yang hilang pada wanita usia menopause, dan dengan mengonsumsinya secara teratur, maka akan melindungi wanita dari sindrom post-menopause.

9. Baik untuk ibu hamil
Kandungan asam folat yang terkandung pada susu kedelai dapat memberikan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil, jika mengkonsumsi rutin dapat membantu pertumbuhan sel saraf, sehingga perkembangannya dapat berjalan optimal pada janin yang ia kandung. Jika perkembangan sarafnya berjalan optimal insyaallah akan lahir dengan dibekali kecerdasan.
Vitamin A, vitamin B1, dan vitamin E yang terkandung juga mampu memberikan asupan energy untuk menjaga kondisi ibu hamil agar tetap sehat dan bugar.

10. Melancarkan proses Menstruasi
Kandungan vitamin E yang terdapat pada susu kedelai juga dapat melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi.

11. Untuk kecantikan
Kedelai merupakan pelembab terbaik kulit. Mampu melembabkan pada bagian kulit-kulit yang kering, sekaligus mengurangi minyak yang berlebihan pada kulit yang berminyak. Selain itu kedelai juga mampu memudarkan tanda-tanda penuaan di usia dini. Penuaan ini terjadi karena hilangnya estrogen yang berperan menjaga elastisitas kulit, dan Kedelai ini mempunyai kandungan fitoestrogen yang mampu membantu tubuh untuk memproduksi estrogen lebih banyak berfungsi mengurangi keriput serta garis- garis halus sehingga tanda penuaan memudar. Kandungan vitamin E serta vitamin B kompleks, dalam Kedelai yang dapat menyingkirkan sel kulit mati dan akan membentuk sel kulit baru sehingga wajah akan terlihat lebih muda. Kandungan Asam lemakk esensial pada kedelai yang dikonsumsi lewat susu kedelai mampu melindungi kerusakan kulit dari sinar Ultra Violet.


Itulah manfaat khasiat susu kedelai untuk kesehatan tubuh dan beberapa manfaatnya yang tertera diatas yang perlu kita ketahui untuk selalu sehat dengan minum susu kedelai yang alami .Semoga bermanfaat buat semua. J



Minumlah susu kedelai secara teratur, sehari 3 kali sebanyak 1 gelas demi menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh kita

Tidak ada komentar: