Minggu, 21 Oktober 2012

Membuat Garis Menggunakan Open GL


Nama           : Melati Marita Rahmadani
NPM            : 14110335
Kelas            : 3KA28
Mata Kuliah : Grafik Komp. & Pengolahan Citra
Dosen          : Ibu Lily Wulandari


Pada semester 5 untuk jurusan Sistem Informasi,  saya mendapatkan mata kuliah "Grafik Komp. & Pengolahan Citra" mata kuliah ini mengajarkan hal-hal yang bersangkutan grafis pada komputer dan juga untuk mengetahui pixel pada gambar, tugas pada minggu ke-3 ini, saya pada mata kuliah ini ditugaskan untuk membuat horizontal, vertikal dan juga diagonal dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat program OpenGL dengan compiler Dev C++.

OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu:
1.      Glut.h
2.     Glut32.lib
3.     Glut32.dll

Cara membuat file baru :

1.      Klik menu File > Pilih New > Project .
2.      Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.

Membuat Garis Vertical

Garis vertikal adalah garis tegak lurus dari atas kebawah ataupun sebaliknya.
Untuk membuat garis vertikal. Lihat pada project, begitu kita selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja 
Tuliskan koding seperti dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();                       [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);                                [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //                                    [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);                   [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);     [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,0.0);                               [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();                                                   [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();                        [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);                [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);

Berikut adalah screen capture dari kodingan yang sudah kita ketikan dan berupa outputnya :



Untuk mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan akan mucul seperti gambar output diatas.

Membuat Garis Horizontal

Garis horizontal adalah garis yang posisinya mendatar dari ujung paling kanan ke ujung paling kiri atau sebaliknya.
Selanjutnya adalah membuat garis horizontal, tuliskan koding seperti dibawah ini untuk membuat garis horizontal :
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix();                                     [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);                              [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //                                 [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);               untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);                    untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);                untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd();                                                   [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix();                                       [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);                              [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);

Berikut adalah screen capture dari kodingan yang sudah kita ketikan dan berupa outputnya :


Cara mengcompilenya sama seperti tadi kita mengcompile saat membuat garis vertical.

Membuat Garis Diagonal

Diagonal adalah garis yang ditarik dari suatu titik sudut terhadap titik sudut yang saling berhadapan, sehingga selalu melintang.
Yang terakhir kita akan membuat garis diagonal, yaitu dengan mengetikan koding seperti dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();                                    [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

glClearColor(1,1,1,0);                              [untuk menentukan warna garis/titik]

glColor3f(1,1,1); //                                 [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);                               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,-0.8);                           untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);                        untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]



glEnd ();                                                  [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();                                      [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);

Berikut adalah screen capture dari kodingan yang sudah kita ketikan dan berupa outputnya :


Sekian penjelasan dari saya tentang membuat garis vertikal, horizontal dan diagoanal dengan menggunakan Open GL . semoga bisa bermanfaat.. ^_^




Tidak ada komentar: