Nama :
Melati Marita Rahmadani
NPM :
14110335
Kelas :
3KA28
Mata Kuliah : Grafik Komp. & Pengolahan Citra
Dosen :
Ibu Lily Wulandari
Pada semester 5 untuk jurusan Sistem Informasi,
saya mendapatkan mata kuliah
"Grafik Komp. & Pengolahan Citra" mata kuliah ini mengajarkan
hal-hal yang bersangkutan grafis pada komputer dan juga untuk mengetahui pixel
pada gambar, tugas pada minggu ke-3 ini, saya pada mata kuliah ini ditugaskan
untuk membuat horizontal, vertikal dan juga diagonal dengan menggunakan OpenGL,
disini saya mencoba untuk membuat program OpenGL dengan compiler Dev C++.
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu:
1.
Glut.h
2.
Glut32.lib
3.
Glut32.dll
Cara membuat file baru :
1. Klik menu File > Pilih New > Project .
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama
Project.
Membuat Garis Vertical
Garis
vertikal adalah garis tegak lurus dari atas kebawah ataupun sebaliknya.
Untuk
membuat garis vertikal. Lihat pada project, begitu kita selesai membuat project
pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar
kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan
adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ .
untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup
mengubah-ubah pada bagian ini saja
Tuliskan
koding seperti dibawah ini :
/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); // [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk
menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd (); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix (); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk
menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Berikut adalah screen capture dari
kodingan yang sudah kita ketikan dan berupa outputnya :
Untuk mengcompile
dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di
save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol
yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan akan mucul seperti gambar output diatas.
Membuat
Garis Horizontal
Garis horizontal adalah garis yang
posisinya mendatar dari ujung paling kanan ke ujung paling kiri atau sebaliknya.
Selanjutnya adalah
membuat garis horizontal, tuliskan koding seperti dibawah ini untuk membuat
garis horizontal :
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();
[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk
bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna
garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //
[untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang
digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
[ untuk menentukan titik
yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk menentukan titik
akhir yang digunakan ]
glEnd();
[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix(); [Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC); [digunakan untuk menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Berikut adalah screen capture dari
kodingan yang sudah kita ketikan dan berupa outputnya :
Cara mengcompilenya
sama seperti tadi kita mengcompile saat membuat garis vertical.
Membuat
Garis Diagonal
Diagonal adalah garis yang ditarik dari
suatu titik sudut terhadap titik sudut yang saling berhadapan, sehingga selalu
melintang.
Yang terakhir kita akan
membuat garis diagonal, yaitu dengan mengetikan koding seperti dibawah ini :
/*Untuk membuat
garis Diagonal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna
yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar
belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();
[Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
[untuk
menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);
[ untuk
menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
[ untuk
menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();
[untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();
[Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);
Berikut adalah screen capture dari
kodingan yang sudah kita ketikan dan berupa outputnya :
Sekian penjelasan dari
saya tentang membuat garis vertikal, horizontal dan diagoanal dengan
menggunakan Open GL . semoga bisa bermanfaat.. ^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar